4 Perbedaan Pengiriman Barang Ekspedisi dan Cargo

Pengiriman barang telah lama banyak dilakukan terutama bagi para kalangan pebisnis dalam mengirimkan produk atau apapun yang berkaitan dengan ekspor dan juga impor. Dengan banyaknya transportasi maupun jalur yang telah tersedia, baik secara via darat, laut, maupun udara, memberikan kemudahan dan juga ke efektivitas dalam proses pengirimannya.

Jasa pelayanan pengiriman barang terdapat istilah yang biasanya digunakan, seperti pengiriman ekspedisi dan pengiriman cargo. Meskipun pada dasarnya keduanya memiliki tujuan pelayanan yang sama yaitu mengirimkan barang, baik secara dokumen maupun barang lainnya.

Tidak ada perbedaan di antara keduanya selain pandangan masyarakat yang lebih relatif berpikir bahwa pengiriman secara ekspedisi merupakan pengiriman barang dalam skala yang relatif kecil. Lain halnya dengan pengiriman barang cargo yang dikatakan bahwa memiliki pengiriman barang yang relatif banyak dan dalam skala yang juga relatif lebih besar dibandingkan dengan pengiriman barang ekspedisi.

Perbedaan Antara Pengiriman Ekspedisi dan Pengiriman Cargo

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan antara pengiriman barang ekspedisi dan juga pengiriman barang cargo. Keduanya dapat dikatakan sama, yaitu memberikan jasa pengiriman dan juga mendistribusikan barang atau paket pada yang berhak menerimanya. Namun yang membedakan keduanya adalah jenis layanan yang diberikan terutama bagi kelompok usaha, yaitu;

1. Kuanitas Pengiriman barang ekspedisi

Pengiriman barang ekspedisi biasanya tidak ada minimal berat, mengirim dengan jumlah 1 Kg dapat dilakukan melalui pengiriman barang ekspedisi. Untuk harga, diberlakukan kelipatan per Kg dari berat barang kiriman. Contoh  jasa pengiriman barang ekspedisi adalah Pos Indonesia, JNE, TIKI, J&T, Lion Parcel.

2. Kuantitas Pengiriman barang cargo

Untuk pengiriman barang cargo, dikatakan relatif pengiriman dalam jumlah yang besar. Biasanya diterapkan jumlah minimum berat 10Kg atau 50 Kg untuk pengiriman. Selain dalam jumlah yang besar juga dalam harga yang lebih murah yang hanya dikhususkan untuk pengiriman barang dalam jumlah yang banyak atau dalam skala yang besar. Hal itulah yang membuat harga cargo menjadi lebih murah. Contoh jasa pengiriman cargo adalah Klik Logistic, NDE, PT Cargonesia Utama Trans ( jasa pengiriman cargo via laut )

3. Pengiriman barang ekspedisi

Pengiriman ekspedisi biasanya memberikan layanan Door To Door yang bisa dijemput dari tempat pengirim dan diantar hingga ke tempat penerima.

4. Pengiriman barang cargo

Layanan cargo biasanya tidak memberlakukan layanan jemput paket, sehingga pengirim harus mengantar barangnya hingga ke agen terdekat. Selain itu beberapa cargo yang menggunakan layanan darat, seperti Truk, Kereta maupun Bis. Jika anda berencana mengirim barang ke wilayah yang cukup jauh, tentu ini memakan waktu pengiriman yang lebih lama.

Kesimpulan

Pada dasarnya Ekspedisi dan Cargo adalah sama,yaitu sama-sama jasa pengiriman dan pendistribusian barang atau paket, akan tetapi dalam penilaian dari sebagian masyarakat bahwa Ekspedisi adalah pengiriman Ritel dengan jumlah yang sedikit atau disebut juga ekspedisi reguler, sedangkan Cargo adalah pengiriman jumlah besar dan murah yang hanya dapat digunakan hanya khusus pengiriman barang dalam jumlah banyak atau besar sehingga bisa mendapatkan harga terbaik dan murah. Selain itu, pengiriman barang ekspedisi dapat langsung dikirim ke alamat pengirim sedangkan pengiriman cargo pengirim harus mengantarkan barang dan mengambil barang di agen terdekat