Peran Perusahaan Logistik Pada Supply Chain Management

Dikarenakan kompetisi dalam pasar global masa kini, daur hidup produk yang semakin pendek, dan harapan pelanggan terhadap produk dan jasa yang semakin tinggi, akan memaksa perusahaan untuk lebih mengutamakan perhatian dalam rantai persediaan mereka untuk mencapai keunggulan kompetitif yang dapat menunjang kelangsungan bisnisnya

Perubahan kondisi sosial ekonomi pada saat ini menuntut setiap perusahaan untuk menyusun suatu strategi bisnis agar mampu bersaing dengan perusahaan lainnya . Salah satu Bagian penting dalam strategi memenangkan persaingan adalah mengimplementasikan proses produksi barang dan jasa yang efektif dan efisien untuk di salurkan kepada konsumen, yang dikenal dengan istilah Supply Chain Management.

Supply Chain merupakan sebuah jaringan kerjasama berupa system organisasi yang bertujuan untuk penyaluran produk maupun jasa kepada konsumen.  Dalam siklus atau rantai ini melibatkan beberapa pihak yang bekerja dalam lingkup yang berbeda namun  memiliki tujuan yang sama yaitu untuk pengadaan barang atau bahan baku serta mendistribusikan hasil produksi kepada konsumen secara efektif dan efisien. Oleh sebab itu supply chain adalah rantai penting dalam proses produksi hingga ke distribusi sebuah produk.

Alasan utama perusahaan harus memahami supply chain adalah agar mereka bisa melakukan perencanaan yang lebih strategis. Tujuan dari Supply Chain management adalah pengiriman produk secara tepat waktu demi memuaskan konsumen, mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas perusahaan dalam rantai supply melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan.

Siapa saja yang bisa disebut sebagai pelaku dalam suatu supply chain?, yaitu Pihak-pihak yang terlibat dalam suatu rantai pasokan meliputi pabrik manufaktur, Pemasok, perusahaan penyedia transportasi, Gudang, retailer, perusahaan, komunikasi dan termasuk konsumen itu sendiri.

Logistik berperan penting dalam sebuah bisnis. Inti dari logistik adalah mengelola pergerakan material dan barang yaitu dari sisi produksi dan pemasaran. Dari perspektif produksi, peran logistik adalah mengadakan material dari pemasok ke perusahaan untuk memenuhi proses produksi. Sedangkan dari perspektif pemasaran adalah mendistribusikan produk kepada konsumen.

Keunggulan dan keberlangsungan perusahaan sangat ditentukan bagaimana perusahaan mengelola logistik secara efektif, Pengelolaan logistik yang kurang baik akan mengakibatkan pelanggan membatalkan transaksi pembeliannya.

Pt. Diva Mitra Sinergi ( Diva Logistic) dalam hal ini merupakan perusahaan penyedia jasa transportasi yang siap menjadi rekan dalam jaringan supply chain perusahaan anda, yang siap melayani pengiriman bahan baku untuk kelancaran produksi dan pengiriman produk kepada konsumen.

Kategori

Post Terbaru

September 2022
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930